Minggu, 1 September 2013

Di Atas Langit Ada Langit

SATUHARAPAN.COM – ”Barangsiapa meninggikan diri, ia akan direndahkan dan barangsiapa merendahkan diri, ia akan ditinggikan” (Luk. 14:11). Demikianlah nasihat Yesus kepada para murid-Nya. Namun, itu bukanlah sikap rendah diri, Sang Guru sedang menekankan kerendahan hati. Kerendahan hati berdasarkan pemahaman bahwa di atas langit, masih ada langit. Dan sikap rendah hati, menurut Yesus, akan lebih menguntungkan ketimbang tinggi hati.

Menurut William Barclay, meski Thomas Hardy begitu terkenal sehingga setiap koran akan memuat naskahnya, dia senantiasa menyertakan perangko dan amplop yang sudah diberi alamat untuk menjaga kemungkinan jika naskahnya tidak dimuat. Thomas Hardy tidak berasumsi bahwa setiap naskahnya pasti akan dimuat. Sebuah langkah jitu. Jika naskahnya ditolak, dia tak akan sakit hati.

Dalam bukunya Golok Pembunuh Naga dan Pedang Langit, Ching Yung berulang kali menyatakan bahwa seorang gagah akan melihat kegagahan dalam diri orang lain. Dua orang besar akan saling menghargai satu sama lain. Sedangkan pertemuan dua orang yang bersifat kerdil dan berpikiran sempit hanya berbuahkan pertarungan—untuk membuktikan siapa yang lebih hebat.

Sejatinya, sikap tinggi hati setali tiga uang dengan rendah diri. Biasanya, orang rendah diri akan menutupi ketidakpercayaan dirinya dengan mengambil sikap sombong. Sebaliknya, orang rendah hati biasanya mempunyai rasa percaya diri tinggi karena telah mampu menerima kelemahan dan kekuatannya secara wajar. Sehingga dia mampu menerima kelemahan dan kekuatan orang lain.

Jika tak mampu menerima kelemahan sendiri, jangan harap kita mampu menerima kelemahan orang lain—ujung-ujungnya penghakiman. Sebaliknya, hanya orang yang mampu menerima kekuatan dirinyalah yang akan mampu menerima kekuatan orang lain—sehingga jauh dari rasa iri!

Yoel M. Indrasmoro

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s