Minggu, 3 November 2013

Zakheus Mendapatkan Namanya Kembali

”Hari ini telah jadi keselamatan kepada rumah ini…” (Luk. 19:9). Itulah kalimat yang keluar dari mulut Yesus, yang dengan cermat dicatat Lukas. Menarik disimak hanya Lukaslah yang menulis peristiwa Zakheus, Sang Pemungut Cukai dari Yerikho.

Ya, nama pemungut cukai itu Zakheus. Nama itu merupakan suatu bentuk Yunani dari nama zakkay dalam bahasa Ibrani, yang berarti ”bersih, tidak bersalah”, dan menurut Stefan Leks, biasanya dipakai sejajar dengan ”saddiq”, yang berarti benar. Mengherankan bukan, seorang yang namanya berarti ”bersih, tidak bersalah” ternyata memanggil dirinya sendiri untuk menjadi seorang pemungut cukai?

Para pemungut cukai adalah petugas lembaga fiskal Romawi. Tugas itu dipercayakan kepada orang yang mampu menawarkan paling banyak uang kepada pemerintah penjajah. Dan pada akhirnya, jumlah itu pula yang harus ditagihnya dengan bermacam cara.

Bagaimanapun, seorang pemungut cukai hidup dari selisih orang antara jumlah yang ditetapkan penjajah dan jumlah uang yang berhasil ditagihnya. Artinya, kalau dia berlaku jujur maka dia tidak mendapat gaji. Lebih parah lagi, jika jumlah yang ditagih ternyata beberapa kali lipat lebih banyak dari jumlah yang ditetapkan. Jika memang demikian, tampaknya Lukas pun heran ada pemungut cukai yang tetap saja menyandang nama diri Zakheus. Dalam pekerjaan itu, nama itu telah kehilangan makna.

Kelihatannya, Lukas hendak mencatat bahwa dalam diri Zakheus memang ada sesuatu yang baik. Dia mencari Yesus. Dia ingin tahu orang apakah Yesus itu. Saking penasarannya, dia memanjat pohon ara untuk melihat Yesus.

Zakheus mencari Yesus. Namun, di pihak lain, Yesus pun juga mencari Zakheus. Yesuslah yang menyapa Zakheus terlebih dahulu. Bahkan, Yesus menyatakan bahwa Dia harus menumpang di rumah Zakheus. Dan tindakan Yesus itulah yang membuat iman Zakheus bertumbuh. Tidak hanya dirinya, keluarganya pun merasakan keselamatan.

Pada titik ini, tindakan Zakheus sungguh-sungguh mencerminkan makna namanya yang sebenarnya. Zakheus telah mendapatkan namanya kembali

Yoel M. Indrasmoro

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s